Nomor Telepon 0361 4743120 / 087861900888
Email info@familiamedika.com
Alamat Jalan Drupadi No.27, Renon - Denpasar
July 20, 2016

Cara Membedakan Obat Palsu

Banyak kekhawatiran masyarakat setelah muncul di pemberitaan berbagai macam cara pemalsuan barang-barang kesehatan tak terkecuali obat-obatan dan vaksin. Pemalsuan obat sangat meresahkan masyarakat, karena pada dasarnya masyrakat membeli obat-batan untuk membuat tubuh yang sebelumnya dalam kondisi kurang baik menjadi normal kembali. Dengan adanya pemalsuan tersebut dikhawatirkan obat palsu menyebabkan efek yang fatal kepada pengguna. Untuk mengetahui beberapa cara mengetahui obat tersebut palsu atau asli, berikut penjelasannya :

Pemalsu obat tentunya akan menggunakan segala cara untuk membuat obat yang dipalsukan sangat mirip dengan aslinya, meskipun demikian ada beberapa hal yang dapat menjadi ciri-ciri bahwa obat tersebut adalah obat palsu.

  1. Perhatikan nomor registrasi pada kemasan obat, sebagai tanda bahwa obat tersebut telah lolos uji dan legal untuk dijual di Indonesia.
  2. Apabila membeli obat dengan resep dokter, saat penebusan resep maka perhatikan apakah obat-obatan yang diberikan telah sesuai dengan resep yang dimaksud.
  3. Pastikan kondisi kemasan dan kondisi fisik obat tersebut dalam keadaan baik dan baru, tidak terdapat kerusakan baik kemasan maupun segel.
  4. Periksa nama dan alamat produsen, pastikan tercantum dengan jelas.
  5. Baca dengan seksama aturan pakai, indikasi, efek samping, dan ketentuan lain dalam kemasan, obat yang terpercaya pasti mencantumkan keseluran informasi penting tersebut.
  6. Teliti dengan tanggal kadaluarsa, obat yang asli pasti mencantumkan tanggal kadaluarsa, sehingga kondisi obat yang sampai di tangan anda adalah obat yang layak konsumsi.
  7. Terdapat kode warna obat di kemasan obat yang menunjukkan tingkat atau level obat tersebut.
  • Lingkaran Hijau

Obat dengan tanda warna ini dapat dibeli bebas di pasaran,.

  • Lingkaran Biru

Obat dengan tanda warna biru merupakan obat yang dijual bebas terbatas, artinya meskipun obat ini dijual bebas, namun obat bebas terbatas memiliki beberapa peraturan yang harus diperhatikan sebelum digunakan. Terkait penggunaan obat bebas terbatas ini, sebaiknya disertai dengan informasi yang jelas dari tenaga kesehatan (dokter maupun apoteker) sehingga khasiat dan keamanannya dapat terjamin.

  • Lingkaran Merah (dengan huruf K di dalam lingkaran)

Obat yang memiliki tanda warna ini adalah tergolong obat keras dan harus menggunakan resep dokter.

  1. Belilah obat di tempat-tempat dan Apotek terpercaya, berizin, serta memiliki apoteker yang handal, sehingga terhindar dari obat-obatan palsu.

Apotek Familia Medika, apotek yang telah mengantongi izin usaha, memiliki apoteker yang terjamin serta dokter jaga yang dapat memastikan anda mendapatkan obat yang asli, berkualitas, dan sesuai dengan kebutuhan anda. Dengan moto Premium – Personal – Care, Apotek Familia Medika mengedepankan kualitas pelayanan kesehatan dalam memenuhi kebutuhan obat Anda serta konsultasi kesehatan dan penggunaan obat. Karena kesehatan Anda adalah prioritas kami.

Salam Sehat,

Team Apotek Familia Medika

Silahkan memberikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Product Categories

Filter by Price

-->